Menantu VS Mertua

Photobucket Menantu perempuan vs Mertua perempuan, udah bukan hal yang aneh.

Masalah klasik, nyaris terjadi di semua menantu dan mertua. 40 hari 40 malam, ngak bakal selesai ngebahasnya.

Malah udah jadi seperti mitos. Mungkin karena terjadi sejak jaman dahulu kala, sewaktu dunia ngak kenal global warming. Ibarat kata seperti kucing sama tikus, Tom and Jery :D

Ini ada joke yang gw ditemuin di salah satu situs (jangan dipermasalahkan ceritanya yah, ini cuma perumpamaan) :

Dua perempuan setengah baya datang ke hadapan Raja Salomo dengan membawa seorang perempuan muda yang mereka akui sebagai menantunya. Mereka saling memperebutkan perempuan muda itu.

Melihat itu, Raja Salomo mengambil pedangnya dan mengatakan akan membelah dua si perempuan muda, sehingga masing-masing akan memperoleh setengahnya.

Wanita I : Ya, belah saja perempuan itu.

Wanita II : Jangan Baginda, saya tidak tahan melihatnya. Serahkan saja perempuan itu kepada ibu itu. Saya rela.

Raja Salomo memerintahkan perempuan muda itu diserahkan kepada wanita yang pertama.

Penasihat Raja kebingungan dan bertanya kenapa perempuan muda itu tidak diserahkan kepada wanita yang kedua.

Raja Salomo : Karena ia meminta membelahnya, saya yakin wanita pertama itulah mertuanya.

Ternyata yang terkesan jahat itu adalah mertuanya…..he….he….

Mertua musuh menantu, menantu momok bagi mertua. Tinggal suami yang terjepit, ibarat makan buah simalakama. Dimakan bapak mati, ngak dimakan ibu mati.

Yang satu istri, yang pasti bakalan cemberut kalau ngak dibelain.

Yang satu ibu, bakal dikutuk jadi batu kalau durhaka sama ibu.

Gw sendiri masih bingung sampai sekarang kalau ditanya solusinya bagaimana kalau kita bermasalah sama mertua.

Pertama, karena mertua gw tinggal di Yogya, yang datang ke rumah, setahun belum tentu dua kali (karena lebih sering gw sekeluarga yang ke Yogya), jadi jarang ketemu dan jarang terlibat langsung kalau berkomunikasi.

Kedua, karena gw ngak bisa masak, jadi kalau mertua gw datang dan masak, merupakan kebahagiaan tersendiri buat gw. (Yah daripada pusing mikirin menu, serahkan aja ke beliau, beres kan).

Ketiga, karena gw orang Batak dan ngak terlalu ngerti bahasa Jawa, jadi kalau mertua ngomongin gw, yah gw ngak tau :))

Nah begitulah.

Tapi nih menurut pakar psikologi, yang banyak bertebaran itu, salah satu solusi mengatasi konflik menantu vs mertua kira-kira seperti ini :

– Sayangi mertua seperti ibu sendiri

– Lihat hal-hal yang baik dari mertua

– Ajak mertua berdiskusi jika terjadi perbedaan

– Terbuka sama suami

– nah ini yang paling penting, kalau ada konflik jangan langsung minggat dari rumah. Rugi bo’.

Comments

  1. Dewi says

    Aku juga nemuin camer yg super duper cerewet. Padahal aku bru pcrn ama anakny tp kok bnyk bngt tuh aturan yg dia kasih.belum apa2 udah sibuk sm urusn aku. Pke acra ngejelek2in ak sm kluargku lagi. Iparnya (istri dr kkny) jg ikut2n, emg t biang dr smuanya. Pcar aku jg bkin ribet, dah brkali2 ak minta pts, krn mkr blm nikah aj udh gni gmana nanti tp dia gk pernh mau ak ajakn pts. Mudah2n dibukain t pntu hti cmerku biar bisa bka mata hati lebar2 mana yg bnr mana yg cari muka. Sakit hati bngt deh ama t camer, dibilang aku yg ngebet ngajak marrid anaknya, orang2 laen yg mampir ditmpt camerku taunya kalo aku emg gtu, bussettt aku difitnah mentah,
    ak skg cma diem n ngejalnin smua dgn lpang dada, tbel kuping plus tbel hati. Semoga gk trus2n camerku bpkrn gni
    amin ;-)

  2. putri says

    Saya baru menikah 1 bln lbh.. mertua sch baik.. keduanya baik… sejak kami pacaran slama 3thn org tua nya sudah baik juga. Suami saya anak laki2 satu2 nya. Dia anak kedua dr 3 bersaudara… mereka ini ne yg saya kurang suka.. membuat saya g nyaman… kakaknya sudah menikah.. dia bekerja dan suaminya pun bekerja… tp cerdiknya dia,, dia suka mnta apa2 sama suami saya.. mnta di isikan plsa,, kdg mnta tolong transfer kn uang krek org jualan online. Untungnya suami sayatidak mau.. karena kami dari awal sudah punya kesepakatan yang boleh dikasih itu cuma orang tuanya saja. Karna kakak dan adik nya sama2 bekerja.. kerja yang lumayan bagus.. jadi tidak sepantasnya dia masih meminta kepada suami saya.. smntara saya Blum bekerja,, karena setelah wisuda orang tua suami saya meminta kami menikah.. mereka dari keluarga berada.. orang tuanya tidak pernah meminta kepada kami… kalo uang suami saya terpakai pasti mereka ganti.. tapi kakaknya ini pelit nyaa… udah pelit cerdik lagi.. untung suami tidak mau menurut dg kluarganya. Aq merasa beruntung punya suami seperti dia. Dia tau mana yang seharusnya dia lakukan. Kami tidak tinggal dengan mertua. Karna tempat kerja suami ku dekat dengan rumah ku.. jadi kami masih tinggal drumah orang tua ku sambil cari2 kontrakan.. sebenarnya orang tua ku melarang untuk ngontrakkarna aku anak perempuan satu2 nya.. tp akhirnya orang tua ku mengizinkan… adik perempuannya.. ini lagi yang lebih membuat aku tarik nafas panjang2.. iri nya minta ampun.Mulai sejak kami pacaran. Kalau aku dibelikan sesuatu dengan dia pasti iri.. aku buat status tentang dia (suami) pasti dia juga buat stat tentang abangnya di bbm atau kadang statusnya nyindir aku. Bilang aku banyak maunya lah. Apalah. Macam2 lah pokoknya… aku ngadu ke dia paling jawabannya gak usah dipedulikan.. padahal tiap bulan dia dikasih kox sama abang nyaa duit (sebelum dia bekerja). Coba kalau dia Yang dibelikan pacarnya sesuatu, langsung update status… kalau aku yang kayak gitu langsung nyindir2 statusnya.. tapi ya sudahlah.. gak aku pedulikan lagi.. yang penting suami sayang sama aku.. peduli banget sama keluarga Ku. Dan mertua ku baik dengan ku.

  3. fitri says

    q juga kesel ma ibu mertua,sukanya ngatur,segalanya mau dia atur, beli tanah, bangun rumah.ampe q pas keluar kerja mau ikut suami gak boleh keluar,q nekad keluar lagian suami dukung.masak istri gakboleh ikut suami,hanya gara gara terobsesi ma pkrjaan mantunya.q kalo kerumah mertua hanya cium tangan dan males banget dengerin ocehan basa basi yang sok ngatur,q banyak diem males omongan.q gak respek semenjak mertua gak setuju q keluar kerja.gak cuma itu dulu pas pacran ma misua, dia tu jutek,manasin manasin q kalo yg suka suamiku banyak dan ibunya milih q gara gara profesiku ,well jadi q tau kenapa dia setuju suamiku nikah bukan didasarkan pribadiku tapi lebih jbtanku.sekrang q gk bekerja,tinggal ma suami, sebulan sekali pulang mertua,disana mau mertua ngatur,ngomong macem2,q dah gak perduli.cuek aja,diem is the best,banyak ngatur,huh,,,,,mertuaku tu sok pinter,visioner kebablasan.suamiku orang yg sabar,pdhl q pengen ibunya ditegasin biar gak sok ngatur bikin bete aja.trus klo pas pulang ke rmh mrtua,mertuaku tu caper masih nganggep suamiku kayak anak kecil.super menyebalkan

  4. ika says

    Aku kurang akur sm mertua. Makany ak milih tinggal d kontrakan. Mana d rmh mertua msh ad ipar. Ak gak mw ada konflik sm mereka. Semoga ak n keluarga kecil bs beli rmh sndri. Supaya km gak ush pusing2 lagi. Suamiku sikapny arogan n pemarah. Ad aja yg di ributin tiap hari denganku. Walau msh pisah rmh mertuaku jg msh mw urus keluargaku. Pokokny keluarga suamiku it pd aneh smua. Ak binggung hadepin suamiku n keluarganya. Ujung2ny aku yg terpojok soalny keluargaku tinggal d kampung. Tepat curhatku cuma Tuhan n ankku aj. Semoga Tuhan dengarkan doaku. Amin. Kasian ankku kalo km hdp begini trs…

  5. ewiza yanti says

    aku dah 3 tahun lebih tinggal sama mertua, sebenarnya mertua aku baik kalau sama uang tu gak pelit, waktu aku baru2 nikah sama suami mertua sering beliin baju buat aku, secara mertuaku orang yang cukup berada. awal nikah kami tinggal di bandung karena suami kerja disana dan mertua tinggal di sumatera. tapi karena pekerjaan suamiku tidak mencukupi kebutuhan dan sering di kirimi uang sama ortunya, jadi kami disuruh balik lagi ke sumatera dan suami mencari pekerjaan di sumatera , semenjak itulah kami tinggal bersama mertua selama 3 tahun lebih sampai saya punya anak dan sekarang umur anak kami 2 setengah tahun. waktu saya melahirkan semua biaya yang tanggung ibu mertua saya karena suami belum mendapatkan pekerjaan. dalam mengurus anak banyak sekali ketidakcocokkan saya dan ibu mertua. apapun yang dibilang mertua selalu saya iyakan, walaupun dihati saya tidak cocok. tp apa boleh buat semua biaya yang mengeluarkan, karena kalau saya minta bantuan kepad ortu saya, mertua bilangnya malu karena ini semua tanggungjawab dari pihak suaami, saya selalu bersabar sampai akhirnya suami mendapat oekerjaan diusia anak saya 9 bulan, dari situ saya langsung bilang ke suami untuk mengontrak rumah saja di dekat kantornya. tpi mertua tidak setuju dan suami tidak bisa menolak. saya bertahan sampai anak saya berumur2 setengah tahun. rasanya saya capek tinggal dirumah mertua, saya selalu mengalah jika kami berdebat. banyak sekali hal2 yang buat sakit hati dari mengurus anak sampai dandanan saya pun diprotes. tapi aku selalu diam dan mengalah paling cuma bisa nangis sendiri. pernah karna aku udah gak tahan lagi aku bilang semua ke suami, tentang ketidakcocokan aku dengan mertua dan aku minta ngontrak saja, tapi suami malah marah2 dan dia takut jadi anak durhaka karena tidak diijinkan mengontrak, akhirnya kami berantam hebat.aku gak bisa apa2, tapi akhirnya suami sadar, dan sekarang lagi mencari pekaerjaan yang jauh dari rumah mertua dengan alasan bisa ngontrak rumah karena jauh dari rumah mertua, tapi sampai sekarang belum dipanggil juga. mohon doanya ya semoga suami saya dapat pekerjaan baru yang jauh dari rumah mertua.

  6. Ane Ende says

    puyeng kl mikirin mertua, IPAR VS menantu…

    terus terang, mertua/ipar sering minta uang ke suami kadang suami bilang kadang juga diem-diem ngasih…
    terus terang saya kurang setuju dengan perlakukan istimewa suami seperti itu, krn disamping tidak membuat mereka mandiri itu juga mengurangi jatah bulanan saya sebagai istrinya…

    kita misalkan gaji suami saya 4.5jt, suami rela memberikan uang 2.5jt kepada ibunya dengan alasan adiknya mau wisuda, dan itu adalah biaya wisudanya, saya sempat memberikan masukan knp kk2 perempuannya tdk patungan sehingga beban lebih ringan, malah saya d anggap tidak respect.

    saya benar-benar kesal, dalam keluarga saya di ajarkan mandiri krn sejak menginjak umur 23th kami sdh biasa mencari kerjaan sampingn untuk menambah uang saku, tapi adik2 suami sudah berumur 23 tahun bahkan ada yang 26 tahun selalu nadah dan nadah minta uang… mulai dari pulsa dll…

    sebenarnya hal ini sdh sering saya bicarakan dg suami, agar pemberian ini di batasai, sampai2 bibi suami (istri kedua pamannya) ikutan sms minta dikirimi uang, keponakannya minta di beliin sapatu bola dll…. saya stresss, memang saya bekerja, tapi pengeluaran kami d kota besar juga membutuhkan biaya besar, kami hrs menanbung untuk bekal naka sekolah dan persiapan kesehatan….

    pernah saya berbicara ke suami jika mertua okelah dikirimi setiap bulan tapi kl sampei k saudara2 dan ponakan2 itu bukan kewajiban, tapi hal ini malah membuat masalah…

    jadi puyeng… susahnya keluarga suami ga sadar-sadar dan ga mandiri-mandiri maunya minta dan mengajukan pinjaman terus dan bukan satu dua orang yang minta dari mertua, bibi, adik ipar, kk ipar dan keponakan mau minta semua…

    dulu sewaktu kami baru selesai membeli rmh, anehnya kk suami yang pertama mau pinjam uang untuk membeli mobil losbak, saya terperanjat, saya katakan ke suami, untuk skrg blm bisa walau hanya DP saja, apa lagi mrk minta mobil itu an. suami, saya terangkan ke suami jika itu terjadi dan bayaran tertunggak maka kita yang di kejar debt kolektor, benar suami membela keluarganya, menyudutkan saya dengan alasan jika kk iparnya pandai merawat barang dan lain sebagainya, beberapa hari saya di diamkan suami krn saya tdk acc uang itu di pinjamkan ke saudara2nya…

    akhirnya uang itu kami gunakan untuk merenovasi rumah kami yg masih dari kayu menjadi permanen tingkat 3, uang tersebut masih kurang dan saya pinjam ke mama saya, coba bayangkan ke keluarga saya pinjam ke sebelah dia sll ngasih dan mau ngutangin… apa saya g makin streesss gara-gara hal ini.. hufttttt

    • Ayya says

      Bunda… nasib kita sama persis bun.
      Saya juga gerah dg keluarga suami yang bisanya “nadah” doang.
      Tiap bulan ada “jatah wajib” buat mertua saya, belum lagi minta kebutuhan ini dan itu yang jumlahnya tidak sedikit.
      Saya ga habis pikir, kok sepertinya mereka ga nyadar dengan hidupnya yg serba pas-pasan bahkan cenderung kurang tapi malah bergaya hidup mewah..?!?!!
      Mereka minta kepada saya dan suami, alasannya krn saya dan suami bekerja dan gaji gede.
      Lhaaa iya, kita hidup mesti kerja keras kan…??
      Karena saya sudah terdidik dari kecil untuk hidup mandiri, bekerja keras dan menerapkan pola hidup sederhana, jadi saya sangat tidak suka melihat orang yg bisanya cuma “minta/nadah” doang.

      Dan yang paling bikin saya stress adalah sikap suami saya yang tidak adil.
      Suami saya tidak membolehkan memberi kepada keluarga saya, sementara kepada keluarganya kami memberi habis-habisan.
      Inginnya saya, jika orang-tuanya dikasih sekian rupiah, orang tua saya juga dikasih jumlah yang sama dong….!!!
      Tapi suami tidak mengizinkan, dengan alasan keluarga saya adalah keluarga mampu.
      Dan Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali, memang keluarga saya terbilang keluarga mampu.
      Jika ingin memberi kepada keluarga saya, misalkan pakaian/makanan/lain-lain, saya dan suami harus ribut dulu.
      Saya tidak habis pikir, kenapa suami saya begitu.
      Hal ini membuat saya semakin kesal bahkan cenderung menjadi tidak respect terhadap keluarganya.
      Huufffffffttttt…….!!!

  7. ryza says

    yach..cerita tiada akhir antara mertua n menantu perempuan..gue juga ngalamin. tp sebenernya mertua gue (bpk n ibu) baik2 semuanya, bijaksana, penyayang…cuman..overprotective tuch ama yg si papiy nya (misoa). trus..awal2 nikah dulu aja sering2 telp cuman nanyain kabar gmn sehat?, udah makan belom?, lagi dimna? udah plg kerja blm?…ahh pokoknya spt anak2 kecil..yach lama-lama aku agak risih juga sich..terlebih load kerja dia (suami) tinggi..jadi sibuk n kasihan gtu. trus akhirnya no hp suamiku ganti..n mertua dikasih nomor lain yang baru yang dipegang sm aku (hpnya)..kata suami gak usah diangkat kalau nelp2..kalau sms disuruh jawab aja lg meeting bu…gitu..beres…ntar kita telp bareng dirumah gtu…bahagia banget aku punya suami yg bijaksana..secara masalah finansial gak ada..seluruh penghasilan diserahkan aku sbg manajernya…kalaupun harus berinvestasi (tanah, property,dll) itu ya kejelian aku mengaturnya atas masukan dan saran dari dia,yg utamanya ya atas persetujuan kita bersama…finansial aku bebas merdeka..secara mereka tinggal di jawa..(pensiunan) dan aku di Bogor..wachhh jd kangenn masakan ibu..kalau kesini suka bikinin kita misoa(jenis makanan khas jawa, terbuat dari misoa, dikukus dan digoreng tepung telor), n sup kcg merah nya enak…aku sich syg bgt sama mertua (ibu n bpk),….cuman aku cemburu juga kalau ibu sering2 nelpon suami..bukannya gak boleh…aku aja kalau nelp..kdg gak diangkat, kdg diangkat tp kedengeran lg meeting..n super sibuk suamiku…makan aja kdg aku suapin, kuku tangan n kakinya aku yg potongin, ibu mertua lihat sendiri..anaknya digituin sama aku..dia sptnya bahagia. Yach..aku sll curhat sm suami kalau ibu mertua sms macem2..ngomong macem2…tp yach..santai sj..delete sj..selesai..ga usah dipikirin kata suamiku gtu..yach..kita bikin damai saja lah biar hati ini damaiii terus..n bahagia. liat2 n inget2 terus kebaikan mertua sdh nyekolahin anak laki2 satu2nya (adiknya cma 1 cewek)..adiknya baikkk kok, sama kita dengerin kalau kita ngomong or nasehatin dia, penurut..pokoknya aku jg syg sm ipar n ponakanku.selain itu kebaikan2 lainnya..juga kebaikan suami kkita…setia, jujur, gak merokok..uang semua muanya dikasihkan ke istri..aku n suami sepakat 2,5 % dari total pendptan apapun yg masuk ke kita utk org2 yg membutuhkan..termasuk untuk jatah ortu n mertua jg gak setiap bln wajib ngirim…kesadaran sy n suami sj..tp sll dibicarain nominalnya yg adil antara mertua dia (ortu sy) dan mertua sy (ortu dia)..meski aku protektif thp no hp suami..tp ketika sodara pihak suami (bude, pakdhe..om ..tante..)ada apa2, aku sgr suruh suami utk dtg , nengok, jenguk apalah..pokokknya nyamperin.. syukur2 kalau aku bisa (jadwal gak padat) aku pastilah ikut…begitulah ada cerita ini. suamiku termasuk suami pilihan (1000 ..1 org), ttp awalnya aku gak pnh milih2 cowok, gak pnh pacaran..ktk bertemu dia, dia serius..aku gak akan tunggu lama2 lg…(aku bukan spt cewek yg jd piala bergilir di sekolah..buat laki2)..aku hanya pinta suami terbaik sm Tuhan Yang Maha Suci. Amin. kekurangan suamiku krn ia adlh manusia..kekurangan ibu mertuaku semata2 jg krn ia manusia..dan kekurangan aku adalah semata2 harus makin banyak belajar dari sisi suami dan ibu mertua yang benar menurut ajaran kami …amiin

  8. Rika says

    Mungkin bagi ku ibu kandung paling super istimewa kasih sayang’y terhadap ku,suami ku,ataupun calon buah hati kami..
    Aku memiliki 2 mertua,yang satu adalah ibu kandung suami & yang satu adalah ibu tiri…
    Buat ku mereka adalah sosok ibu yang harus aku jaga perasaan’y juga,,tidak di pungkiri kerap ada rasa cemburu antar mertua satu dengan yang lain’y jika aku sama suami ke rumah salah satu mertua pasti secara tidak langsung mertua yang satu minta di singgahi juga…
    Aku menemukan keluarga besar yang baru dari suami,perbedaan watak,kasih sayang & segala’y membuat aku mengerti bahwa menjaga mulut itu penting…
    Tapi jujur aku lebih nyaman tinggal bersama ibu sendiri,,atau aku hidup mandiri bersama keluarga kecil ku ini.
    Karna menurut ku masalah yang timbul adalah ujian sebagai ketakwaan kita terhadap bakti antara suami,ibu & mertua.

  9. tria says

    Mertuaku… Aneh,,, suamiku dianggapnya kurang pemberiannya, pdhl mertua sering diajak jalan, dikasih uang, diajak makan diluar, tapi smua itu seolah dianggap kurang perhatian,,, lain ϑĩ depan lain ϑĩ belakang,,, ϑĩ depan baik, ϑĩ belakang ngomongin hal2 yang jelek ttg suami… Diambil pembelajarannya deh, nanti kalo kita sudah menjadi mertua jgn menuntut ingin diberi oleh anak, melihat anak bahagia dgn pasangannya itu Ûϑȃĥ lebih dri cukup.

  10. icha says

    Haduuuuuhhh.. Mertuaqu suPer duPeeer ceLamitan.. Mau’y mintaaaaa teruuuz gak sadar ap kl anak’y cm pegawai Negri yg blom pny rmh slama 7th menikah.. KeseeeeeeLL tp gmn yah cara’ya biar dia saDaar diri !!

  11. dara says

    skrng aku lg kecewa,setiap ada masalah dlm rumah tangga,suamiq slalu ngadu ke ibunya,padahal aq udah berjuang demi keutuhan rmh tangga kami,malah sekarang aku di terlantarkan seperti sampah,seandaix kejadianx di kampung sendiri mungkin aq gak terlalu sedih,malah ini beda pulau dgn ibuq,..semestix mertuaq gak mendengar sebelah pihak karna dr dulu pasti tau anakx emang cengeng jg asal ngomong,…aq udah jelaskan tp semua percuma saja,..

  12. U_&_Ika says

    cowokq susah mau terus terang ma ortunya kalo dia pacaran ma aku…qt masih tetangga,,abis dia kasih tau kok ortunya ketemu aku g pernah ramah..menjeb mulu…g terbayang susahnya ntar kalo udah berkeluarga…apa lagi kita beda agama…aku maunya ikut suami tapi kok ortunya gitu..adek ma mbak2nya ikutan gt jugaaaaa…..aku juga bukan anak yang rajin tapi kalo urusan kwajiban istri aku ud ngerti…takut kalo denger cerita mbak2…perbedaan latar pendidikan juga dibawa2 padahal aku nyante2 aja…modal kawin yang paling penting kan jujur ma ikhlas to…terus ibukq juga m mzq menjeb mulu….kompleks ni pengen kawin lari aja tapi takut dosa, takut durhaka, takut g bahagia ujung2nya pulang ke rumah tapi di usir m ortu qt…ih…amit2…jgn nympe kjadian……aku sayang e m mzq….hiks…

  13. Wita says

    aq juga pernah punya pengalaman yg sama seperti kalian…
    Awal menikah aq bukanya bahagia tapi selalu makan ati karena suami terlalu menurut apa kata orangtua jadi aq merasa seperti istri yg tak di anggap apalagi kalo lagi di rumah mertua i feel like second wife,ga betah,very bad,,,tinggal di rumah mertua hanya 3 bulan,skrg tinggal terpisah tapi masalah tetap saja muncul walau aq dan mertua tidak tinggal serumah lagi,walopun sudah ada si kecil tapi menomor duakan aq dengan memprioritaskan orangtuanya terutama ibunya msh saja tdk berubah,,,sebenarnya mertuaku itu baik,cuma aq ga suka dengan sikap suami yg terlalu penurut…apa yg di perintahkan mertua,aq harus follow &cant refuse…really its hurt me
    suatu saat aq memutuskan untuk minta cerai krn tak tahan lagi dg sikap suami,dan aq serius…sejak saat itu,slow but sure suami mulai berubah lebih baik,,,skrg tujuan hidupnya hanya memberikan yg terbaik untuk aq &anak kami….skrg aq sangat menyayangi suamiku yg berubah menjadi suami yg bijak….
    our life is happy now,,,

  14. nie aja says

    hikhiksss.. ikutan curhat…. :(

    mama mertua gw aneh… aneh atau apalah namanya… gw tinggal serumah dengan mertua, gw dah tinggal sama mertua 1 tahun lebih, gw dah apala luar dalamnya, tp ttp aja ga ngerasa nyaman tinggal sama Beliau. Se-enak-enaknya tinggal ma mertua lebih enak tinggal sendiri,, Mama itu sebenarnya baik,, tp Beliau bisa berubah ga baik kalau ada anak bungsung nya di rumah (adik suami gw),, adik ipar gw juga ‘aneh’.. suka cemberut ama gw, dan gw ga tau alasannya apa.. gw ada yg ga suka ma sifat beliau,, borossss…. kalau ada duit… wuihhhhhhhhh langsung abis tuh duitnya,, ga inget kalo masih ada hari esok,, ehhh pas perlu… minjam sana sini,, tetangga juga pada tahu semuanya,, gw juga ga bisa bilang apa2,, kalau di kasih tau, dia bilangnya “duit, duit aku!! apa urusan mu”… lahhhh…

    pokoknya kalau tinggal ma mertua mah pasti makan ati… mau dikit ato banyak.. pasti makan ati,, kadang dapat mertua baik,,, ehhh iparnya yg -baik….

    • vera says

      Wuihh… Sama persis sama yang lagi aku alamin.. Mama mertua sebenarnya baik.. Tp kalau anak cewek nya dah pulang ke rumah.. Boro2 deh di ajak ngobrol. Aku serasa kyk batu kerikil yang ngak dianggap. Setiap pagi harus ngelihat muka judes mama mertua dan ipar.

  15. Bunda Ita says

    Waaaahhhhh ternyata saya emg ga sendirian dalam kasus ini….bahkan teman saya jg mengalami kasus ini, smp2 kalo kita ada masalah suka curhat2an lewat sms….Kalo saya bukan serumah sama mertua tp bersebelahan sama mereka….walaupun gt ga ada bedanya sama sekali, tetep aja anajubile gondoknya saya…mana saya jg ga kerja jd IRT soalnya saya lsg dikasih momongan dan sekarang anakku jg msh balita jd ga bisa ditinggalin jg….walaupun pgn bgt kerja bwt nambahin penghasilan suami….jadi kita bisa pindah dan cari rumah baru yg deket sama org tua saya krn org tua jauh lbh fair bahkan sama suami saya sendiri..kalo deket mertua mah bener2 udah makan ati bgt!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!ga kuat batin jadinya!!ngeri jg gara2 kasus ini malah bisa bikin retak rmh tangga kita….naundzubillah min dzalik deh!!

  16. natalia says

    aku juga tinggal serumah sama mertua gara gara suami terlalu nurut sama ibunya. kami tidak diijinkan tinngal pisah padahal kami sudah beli rumah sendiri. suami pun terlalu manjain ortunya,setiap ortunya bilang apa dia harus nurut & lagi meski sudah diberi jatah bulanan tetep aja kalo ada tagihan suruh saya sebagai menantu yg bayar,padahal jelas2 dia tau kalo suami saya jarang memberi saya uang. selain itu mertua juga suka menjelek-jelekan saya dimata suami. mertua yg laki laki pun sama saja…… huh,,saya benar2 stress

  17. says

    yah yg namanya mertua sebaik2nya suatu saat pst ada salahnya,dn klu udh salah pst berbekas krn dia bukan org tua kandung kita.dn klu udh berbekas mk akn sulit melupakan,aku rasa mertua yg egoes itu,krn dia kurang bergaul kurang wawasan kurang beriman kurang bs menghargai org lain dn kurang berakhlak,kdg2 org tua itu merasa paling bnr dn ank2nya sll salah,merasa yg dia lakukan adlh kbnaran tnp mau mendengarkan alasan org lain,sprt mertuaku manusia aneh aku sll berbuat baik sama dia apapun kata dia sll aku iakan,krn aku tipe cewe penurut dn mau mengalah,wlupun ht kclku kdg tak terima.tp dia ga pernah nganggap malah aku diperlakukan layaknya org jahat yg harus diusir dari rumah,hmmh….wah pokok cara aman menhindari bentruk dgn mertua ya jgn pernah tinggal 1 atap

  18. si menantu says

    gara gara mertua yang ingin secepatnya tinggal di rmh baru trpksa dech aq hrs pisah sm suami krn suami q hrs krja jau agar mnghasilkan uang yg byk buat memuaskan keinginan mertua q itu aq jadi benci bnget sbnrnya klo mertua gak kyak gtu aq & suami gak prlu trpisah krna klo hnya hdup brdua sm suami insyaalh trcukupi tp krna si mertua jg ingin dpt jatah tiap bulan ( udh kyk istri tua) jadinya suami q tiap bulan membiayai 2 org wanita skligus pdhl aq dah mngalah gk mnta uang smua pakai uang dari hasil q sndri belum kbutuhan yg lain si mertua sndri pun sperti kurang memahami klo anak laki2nya sdh brumah tangga pnya kbutuhan byk si mertua jg gk mau uang blnjanya di kurangi mau segtu ya sgtu itu pun di luar pmbayaran yg lain ntr tgl tua mnta lg untuk byr ini lh itulh

  19. says

    haduh pada dasarnya ibu mertuaku baik tapi dia overprotektif sama anaknya (baca: suami). ditambah lagi perbedaan kultur,beliau betawi saya sunda.yg satu klo ngomong ceplas-ceplos dengan nada cempreng,yang satu nurut2 aja asal mama mertua senang deh.kadang celetukannya,cara penyampaian sarannya,pola berfikirnya beda sama saya.alhasil jadi makan ati sendiri deh.mau kesel takut dosa, mau nurut aja lama2 nyesek juga :((

  20. joni gunawan says

    pada awalnya hub aku d mertuaku baik2 saja malah beliau sudah ku anggap seperti ibuku sendiri (krn aku dah ga punya ortu lagi)mertuaku tinggal bersama kami selama -+4th.hari demi hari kami ada ketidak cocokan lagi diantara kami,beliau selalu menganggap bahwa habisnya uang suamiku adalah keluargaku,padahal mang gajinya kurang mencukupi.setiap kali kubicarakan suamiku hanya menjawab dgn senyum aja.sekarang kami pindah kemedan dan beliaupun tidak bareng kami lg.sekarang kami merasakan seperti dunia milik kita brdua.dan masih banyak cerita yg lain antara aku dan mertuaku klu diceritakan ga akan habisnya antara menantu dan mertua hanya sebatas sehelai rambut saja.

  21. rinda says

    sama bnget ibu mertua q sbnarnya baik cm dia memprlakukan aq kyak anak kecil aja aq sebel suami q itu anak mami bnget gk mau pisah sm skli sedih klo bgini di usia muda q aq hrus stres krn tingkah mertua aq merasa istri kedua dlm rmh gk bsa berbuat byk hnya bisa diam cpek klo bahas itu apalg aq lagi hamil dari pd aq giLA krn MErtua MNding aq DIEM

  22. zalwa says

    mertua ku kenyataanny sperti artikel d atas qt mmperebutkn 1 laki2 krn ak ga suka ribut ak mngalah ak serahkn lg suami ku k ibuny, n ibuny lbih senang mlihat qt bercerai malah d dpn mata ku mncarikn istri baru bt suami ak…. skrng yg bt ak bingung suami ak tdk mau tinggalin ak dy bil hanya bs bahagia brsama ku….sdngkn kl ngbayangin mertua ak, ak ga sudi lg berhubungan sama dy…..

  23. lita says

    masalah mertua/ipar perempuan dengan para mantu ceweknya memang klise. dan rata2 ampir sama semua ya masalahnya ;)). cuma 1 jurus jitunya loh perkataan mertua yang menyinggung anggap aja angin lalu.

  24. mrpollo says

    ahahah… perang dingin serumah ma mertua itu yg aku alami, sebernernya mertuaku baik, cuman dasar aku orang males kalo diajak ngobrol, mertua membuka pembicaraan sering aku cueqin. setiap pas* jalan waktu ke wc aku diem, ambil makan aku diem, aku kluar rumah diem so meledak tuh amarah mertua suruh nempati rumah kosong aja (wakakak) no problem! siap ngga siap jalani aja.

    kalo anda sukses harus ngerti lah ma mertua walaupun bencinya selangit, kena azab ntar.

  25. Ninda says

    Gmn cr bkin mertua ngerti ma kita, klo anaknya hrs mandiri, klo jaman dah brubah kyak dl bahwa menantu ky pmbokat, mengabdi ma mertua, hrs nya ngerti klo psah rmah bkan brti kta lupa ma mereka, n psah rmh akan memgrangi konflik ini, n klo anaknya bhagia kan mrka jga seneng, bkan mlah membebani anaknya.,..

  26. Rabbit says

    Ada gak ya cerita sebaliknya, seorang suami yang bermasalah dengan mertuanya ( ibu dari istri nya ) karena sang istri terlalu menurut dengan ibu nya tapi tidak mendengarkan suami nya.. Kalau ada solusi nya buat sang suami apa ya? Itu yang terjadi ke saya dan makaaaannn hatiii banget…

  27. says

    Gw sayang sama mertua, alhamdulillah gw jadi menantu kesayangan juga (suami anak cowok satu2nya diantara 3 bersaudara/i)..
    Masalahnya kadang2 banyak request, minta beli ini dan itu. Mungkin krn gw dan suami sama2 kerja jadi dianggap ‘ADA’ aja, dan gw coba bijaksana aja nyikapinya walau kesel juga dalam hati.
    Lain lagi suami, kalo gw curhat soal ini kesannya dia ngebela ibunya banget.
    Kayak kejadian 2 hari yang lalu, bapaknya lagi keluar kota, adik bungsunya kerja shift malem, kakaknya udah bekeluarga dan tinggal diluar kota. Tiba2 suami bilang “BESOK PULANG KERJA KAMU KERUMAH IBU, KASIAN SENDIRIAN GA ADA TEMANNYA. NGERTI KAMU?” Setengah kesal aku bilang “SAMA DONG, TIAP HARI JUGA AKU SENDIRI NUNGGUIN KAMU PULANG” Eh..ternyata jawaban isengku berbuah hasil, dan sampe sekarang dia ngomel mulu dirumah. Aku makin kesal, bukan sama mertua tapi suamiku sendiri. Dimana perasaannya mendikte aku kayak gitu? Ga tau apa pulang kerja capeknya gimana? Masih harus beresi rumah juga karena ga pake pembokat. Lagian rumah mertua juga ga jauh.. Dan ga pernah luput dari pantauan aku juga.. Pokoknya SEBEL!

  28. dwie says

    gmna sh y mngtasi mertua yg rewel? saya trmsuk pngantin bru,skitar 8 bulan saya baru mnjalani bahtera rumah tangga tp rasanya benar-benar sulit.

  29. dinda says

    kkebnyakan nonton senetron itu ibu2 so mengkhyal punya menantu idaman,,manusia itu ga ada yang sempurna……dipikir malaikat apa
    aku taw knapa seh ibu mertua kyak gtu,,,dya takut ke hilangan kasih sayang anaknya,,,iri ma anaknya belikan istri nya apa2 …itu aja dasarnya,,,,,,iri hati,,,,,,

    • yumi says

      SIIIPPPP buat DINDA,memang kaya gitu tuh…..wonk barang2 suami ku aja,di amani semua,takut aku miliki,trus waktu duduk di mobil aq sama suami senderan,ehhhhh ibunya ngomong gini,kok kamu senderan terus sama…..YA AMPUUNNNNNNN….NGIRIIIIIII ANAK NYA DI SENDERKAN,IHHHHHHHHH KALU DI LAWAN TAKUT DOSA,TAPI GA DI LAWAN BIKIN HATI PANAAAAASSSSS

  30. dinda says

    ya mba,,,susah ngadepin itu mahkluk yang bernama ibu mertua
    aku masih pacran aja ma anak nya udah ngatur cerewet minta ampun,udah aku turutin mau nya dia itu apa…
    ak lebih milih putus ja deh dripda makan ati sama perempuan super ga enak kyakk gtu….
    suatu hari nnti klo ak mau nikah ak akan buat kesepakatan ma calon suami ak untuk kluar dari rumah masing2 ga mau aku hidup bareng mertua,,,hidup kita cma skli kok di buat susah sama orang kyak gtu,,,,,,,males kale……
    hidup cma skli ………kok di buat susah,,,,,,,,,

    • yumi says

      MBK DINDA…AQ MINTA FB NYA ADA GA….TUH KAYA NYA CERITA KITA SAMI MAWON TUH….BIAR BISA SHARINGGGG POKOK NYA SAMA PERSISSSS

  31. ine says

    Menanggapi Mbak Uun di atas.. sama Mbak saya juga trauma klu ditinggal suami sendiri hanya berdua dengan ibu mertua. Kalau gak ada suami mertua ngomong yg gak pantas, dan gak pernah ngakuin semua perbuatan dan ucapannya selama ini kepada suamiku.
    Awal2 nikah aku dikomplen trus “badan gemukin”, “dandan yang mewah”.. waah padahal uang suamiku aja buat mertua 80% penghasilan suamiku. Pernah karena aku kesal banget suamiku malah kubiarkan menganggur saja selama 1 tahun, aku yg bekerja. Walau gajiku kecil tp Alhamdulillah aku bisa menafkahi suamiku hingga untuk acara refreshing suamiku bersama teman2nya. Tapi Ibu mertuaku gak ingat masa2 itu, setelah suamiku bekerja lagi penghasilan suamiku untuk ibu mertua lagi. Aku sekarang tinggal di rumah orangtuaku, kesal karena gak ada perubahan. Aku btekad baik tp setiap aku menginap d rumah keluarga suamiku, ibu mertua selalu berlaku dan berucap yg enggak pantas. Padahal aku cuman dapat uang dari suamiku 5-10% total penghasilan suamiku, ibu mertua sudah berkata yang menyinggung2 karena saya dinafkahi suamiku. Kalau ada secara psikologinya untuk ibu mertua yang mempunyai perangai seperti itu disebutnya apa ya? dan cara menghadapinya bagaimana yaa. Oya ibu mertuaku tidak dekat dengan semua menantunya juga keluarga besarnya ( kalau secara kasarnya egois ).

  32. ddsy says

    pada dasarnya kita sebagai menantu bukanlah pembantu atau budak mertua itu adalah hal yang dzalim! kewajiban istri hanya berbakti pada suami dan kewajiban suami melindungi,menafkahi lahir maupun batin, merumahi,dan melindungi istri termasuk dari pihak mertua yang semena2,jadi kalau kita tdak ridho menjadi pembokat mertua sebaiknya jelaskan pada suami dan teruss terang pada mertua kita bahwa kita sebagai menantu bkn budak mereka apalagi kita sebagai istri blm dibahagiakan oleh suami kalo mrk marah yo lwnn aza kasih pelajaran mertua jahat terkutuk!

  33. lisa says

    akuu tinggal dengan mertua dan ipar, mertua ku sebenarnya baik banget…cuma iparku itu lho..bahaya banget kalo dia lagi cari muka,kadang aku cuma bisa geleng2 liat tingkah nya yang kliatan banget lagi cari muka..kadang kalo lagi ga ada pembantu, aku lagi masak keringetan ga ada yang bantuinn!!ehh dia masuk ke dapur buat ngom “jangan masak gini yah,suamiku ga bisa makan,jangan masak masakan inii suamiku ga suka, maasak ini ajah,suamiku suka” abis tuh dia masuk kamar ga kluar2(alasannya jaga anak) heeeeiiiiii memang nya saya pembokat muuu!!!! tapi begitu mertua ku pulang ‘tin tinnn'(klakson mobil) eeehhh dia nongol di dapurr sodara2…mertua lewat sambil senyum2 liat kita ber2 di dapurr…dia senyum balik dengan maniss nya…tapi begitu mertua masuk kamar..dia ngacirr ke kamarnya lagee….sakit banget hatiku,tapi aku diam ajaa..suamiku pun diam aja kalo aku crita, katanya Tuhan yang balass…cuma gendeknya itu lhoo….ga tahann…huaa..banyak deh kelakuan cari mukanya, yang bikin mertua pro ke dia, soalnya pinter banget…aku bilang ke suami, aku ga bisa kek gitu, masa aku nyapu dll mesti depan mertua, aku ga mau…aku maunya mertua pulang udah beres, aku udah bersih…Daaaannnn…dia suka ngomongin aku di mertua ku….rasanya pengennn sekali ku labrakk..mertua ku bodohhhhh udah brapa kali kebukti omongan iparku ga benerrr massih aja di percayaaa..heran akuu…dia itu istrinya kakaknya suamikuu….heran yahhhhhh…

  34. uun says

    Aku pikir setelah menikah hidupku akan bahagia, tapi ternyata hidupku selalu berlinag air mata, bukan karna sumiku tapi karna mertuaku dan pihak2 lain yg ada dalam rumah. sungguh..! seumur2 aku baru merasakan begitu sakitnya hati ini. dia tega menfitnahku didepan suamiku, dan tega mengataiku kurus kering susah punya anak. kata2 itu selalu terngiang2 ditelingaku sampe sekarang..bahkan sampe sekarang aku trauma bila masih berada dirumah tanpa ada suamiku.

    • yumi says

      wahhh ibu2…ternyata masalah mertua vs menantu itu bnyk d rasakan ibu2 yg lain ya….mertua q yg satu itu,ketakutan anak nya ngelupain dia,pokok nya pesimis bangett deh..seolah2 aq adalah yg jadi pemisah antara ibu dan anak..buseetttt,CAPEEKKKKKK KALU NYERITAIN IBU MERTUA,EMANG TABIAT NYA KAYA GITU,MAU DIOMONGIN SAMPAI UJUNG DUNIA JUGA GA AKAN TUNTAS,YG ADA BIKIN SAKIT KEPALA TAMBAH PARAHHHHH….

    • nadia says

      kok mbak senasib ma aku sie……. emange mbak dah berapa tahun menikah? aku juga sering merasa terancam saat sendirian dirumah tanpa suami ku kami juga belu di karuniai anak setela 1 tahun menikah. bahkan ibu mertuaku juga sering bilang ke prang sepasar(kebetulan rumah kami deket pasar) hal yang g bener tentang aku. parahnya lagi, dia sempet bilang ke temen suamiku ” KALO MEMBUNUH TU NGGAK DI HUKUM, NADIA DAN SANDY UDAH TAK BUNUH” Ujarnya. apakah kalimat itu layak diperuntukkan bagi anak dan menantu nya? kami sebenernya uadh nggak tahan pengen pindah ke tempat lain, tapi karena masalah finansial harapan itu harus kami tunda entah sampai kapan???

  35. says

    saya sebagai suami bingung saya arus membela yang mana kalau mereka berseteruh,saya paling hanya menasehatinya dan supaya bersabar u isteri saya,tapi u ibu saya hanya diam saja, saya balik bertanya bagai mana solusinya agar mereka lebih akur dan harmonis bila mereka dalam satu rumah dan agar mereka tidak tersinggung satu sama lain.

    • says

      Jangan tinggal serumah pak, saya sebagai istri yang pernah tinggal serumah dgn ortu suami sangat2 menyesal. Saya trauma tidak mau tinggal disana lagi.

  36. mama ahza says

    aq kira klo dah nikah hidup adem ayem, ehhh lah kok malah ky’ jd istri kedua harus kalah dan harus mengalah

  37. saif says

    selamat deh bagi yang bisa berbaik dengan mertua. Istri seharusnya memang faham dan sadar betul bahwa suaminya itu ada karena dilahirkan ibu kandungnya, yang sekarang menjadi mertua dari sang istri. Suami juga berusaha berbaik kepada keduanya semaksimal kemampuannya. Kalo kadang-2 ada masalah itu wajar. Yang nggak wajar, kao sudah belasan tahun masih terjadi “perang dingin” terus antara menantu dan mertua. Hampir pasti rumah tangga seperti itu tidak dilandasi cinta yang tulus….

  38. ajeng says

    saya punya saudara yang tinggal dengan anak&menantunya.
    saudara saya ini tidak memiliki rumah sendiri,
    hampir selama berkeluarga dia hidup di rumah kontrakan yang berpindah2.

    akhirnya anaknya yang paling bungsu punya calon istri
    mereka sepakat untuk membangun rumah sendiri, setelah itu anaknya ini menikah.
    tapi krn orgtuanya tidak memiliki rumah, sesuai kesepakatan berdua mereka memboyong orang tuanya untuk tinggal di rumah mereka………

    tapi apa yang terjadi… saudara saya ini malah menguasai rumah anak&menantunya
    bahkan anak&menantunya sudah mengalah demi membahagiakan orang tuanya
    anak&menantunya ini berniat baik utk mengangkat derajat keluarga orgtuanya yg selama ini tidak dianggap oleh saudara2nya yang lain.

    Biaya hidup dan keperluan orang tuanya inipun semua di tanggung anak&menantunya
    tapi balasan dari Saudara saya ini sangat tidak manusiawi
    saudara saya ini mulai memusuhi menantunya, padahal menantunya ini banyak sekali menunjang kebutuhann keluarga ini.

    Kalau anak&menantunya terlambat memberi uang, maka saudara saya ini akan memusuhi anak&menantunya, bahkan sanggup2nya dia menggunjingkan anak&menantunya ini ke saudara2nya yang lain.

    Saudara saya ini juga tidak menghargai privasi anak2nya, mulai lancang dan menguasai harta anaknya….

    yang membuat saya bingung adalah pertanyaan keponakan saya ini…
    Mereka sangat terganggu dengan sifat orgtuanya yg serakah dan suka menyebar fitnah, apalagi mulai memusuhi dirinya dan istrinya.
    keponakan saya ini benar2 takut akan dosa… saat dia ingin bertanya dengan orgtuanya, mengapa semua ini akhirnya seperti ini… tapi saudara saya malah memaki dan berteriak2 mengatakan anaknya durhaka dan kalau mati bisa masuk neraka.

    tapi mengingat orangtuanya ini yang begitu picik dan jahat… saya rasa anaknya&menantunya adalah sosok yg paling bijaksana.

    saya menganggap saudara saya ini kena sindrom OKB yang akud

    kalau teman punya saran… bantulah saya utk bisa memberi saran pada ponakan saya… apa yg terbaik yg harus mereka lakukan utk kebahagiaan mereka tanpa harus berdosa dengan orang tua..
    terimakasi… sarannya sangat kami harapkan

    • ddsy says

      trusterang saya ikut prihatin membaca masalah mba , saya pribadi hanya menyarankan untuk pisah rumah saja dan tidak semua anak durhaka namun orangtua pun ada yang durhaka.
      berangkat dari pengalaman pribadi saya saya sudah menikah selama 8 taun,saya menikah dari nol besar(ga punya apa2),keluarga suami saya kerap kali menjelekansaya sampai-sampai mereka sempat pergi ke dukun sebelum hari pernikahan saya dan suami. setelah itu kebutuhan saya dan suami banyak dibantu dari orangtua saya karna pihak mertua saya sengaja tdk mau menyuplai kami agar saya tidak tahan dan meminta cerai dengan suami saya, namun saya selalu yakin bahwa yang maha memberi pertolongan adalah ALLOH,dan walaupun nama saya sudah hancur dimata seluruh keluarga besar mertua saya saya tetap tawakal dan menyerahkan segala sesuatunya pada ALLOH SWT,alhamdulillah saya sekarang sudah akan membeli rumah sendiri dan usaha yang baik serta penghasilan yang lebih dari ckp, karna ALLOH slalu mengabulkan doa orang yang teraniaya. ya meskipun saya dan putri saya tidak pernah diakui keberadaan kami namun saya yakin keadilan itu ada .shabar dan tawakallah hanya pdNYA.

  39. andolin says

    duh, gmn ya, niatnya pengen bgt akur ma mertua btw mertua gw gak sama ma nyokap gue,kalau nyokap gw baek bgt, gak ada duanya, tp mertua gue, aduh………………gmn ya ngomonginnya takut dose gw, capex…………….

    • yumi says

      sebener nya gw sayang sama mertua gw…tapi…kalu omongan nyakitin hati gimana buuu…..dah gitu suami gw tulang punggung keluarga,semua biaya di tanggung suami gw,sampe sekarang yg ada hutang yg sangat banyak….,padahal gaji suami gw bisa 20jt an,gw sbg istri kasihan sama suami gw,banyak beban yg harus d selesaikan,sedangkan hanya suami gw yg d andalkan,gw ini orang jakarta yg belajar jadi orang jawa….sekarang kehidupan d jkt itu beda kan dengan di jawa…dari sejak lahir gw d jkt,kalu gw liat teman gw,tdk da yg mau seperti gw,ga bakalan sangguuupppp,harus rela tinggalin kerjaan,tinggalin keluarga d jkt,dsini gw terima aja dengan lapang dada,meski hati ini berontakkkk,dannnnn….suami gw itu ANAK MAMIIIII……mertua manjain terus,masih di anggap kaya anak kecil,masa umur udah 28 th mertua masih bilang gini”DUH ANAK KUUU…..SAYANGGG,kalu banguni bobo bilang nya gini,maz…..,bangunnn sudah siang…sambil di elus2…buseetttttttt,

  40. bunda chasanah says

    ternyata kisah tragis itu menerpaku,…gal laki gak perempuan sama saj mertuaku. matreeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee.gara-gara aku gak kerja lagi sajak py anak..dari situ PD dimulai,..tiap bersilaturrohmi da aja masalah. dah setahun bp.mertuaku gak mau nnyapa aku,..hi..hi..hiks..

  41. says

    hahahaha..jadi merasa ikut tersentuh huahuaauhua

    kenapa juag mesti tersentuh yes yes..

    eniwei..
    mertuaku itu baikk banget kak..baikkkkkkk sangat deh kalo kata om trainer hehehe

    cuma perbedaan tradisi antara sumatara (papaku riau mamaku batak)dan betawi jawa..kadang suka bikin pala pecah wakakakka curhat mode onnn huahuahua..percayalah itu gak mudahhheheh

  42. aira says

    gw jg lg brmaslh nh sm metua, abis cm gr2 gw minta m swami gw spy g nmpng sm mertua lg coz gw tkt brmaslh,eh taux mlh bnr2 jd mslh bsr n omgn mrtua gw jd pnjg lbr smpe blg klo dr awal dy g stuju gw dnikahin am anakx…. asli!!!! gw jd ksl bgt…!!!!!!!

    • ddsy says

      yah sabar aza gw juga udah nikah 8 taun malah sek anak gw udah 6 taun tapi gw ama anak gw ga pernah diaku hiks …
      pdhl klg gw udah berjasa bnyk bwt mertu gw khususnya bwt suami gw ya anak mereka, malahan gw sempet disuruh pisah ame paman-pamannya ya gw usir aja mrk cos gw ga mau diinjek2 ama mertua and klg suami and mrk ga poenya hak marahhin gw karna gw ngidupin diri sendiri and anak gw jadi mrk ga ada hak ….

  43. Lily says

    wah bagus juga ceritanya tambah wawasan. ternyata ada juga di ceritanya salomo. he..he..2x. sekarang gw lagi ngalami gw sempet sebel soalnya mertuaku ketahuan ngjelek-jelekin gw di dpn orang (org luar lagi) tidak sekali dua kali berkali-kali. geblak…. padahal gw juga dah baik sama dia loh. kok dibalas jahat sih…sedih deh. emang sih awalnya dia ga setuju anaknya married ma gw krn kondisi ekonomi. dia mintanya dari keluarga kaya spy kecipratan. tp berjalannya waktu kami semakin diberkati ganti dia minta upeti. ih sebel deh gw harus gimana dong

  44. Ygpunyablog says

    Intan : Iya diriku sudah baca, menyentuh loh.

    Mas Hari : betul,lama-lama juga akan ada pengertian

    Eucalyptus : Benar Mbak Evi, yang penting komunikasi gak terputus :)

    Sili : Iya tuh, banyak yang gitu, anaknya lebih galak daripada mantunya. Setuju, gak nurutin emosi.

    Linda : Iya, jangan jadi pengaduan yah :)

    Za : he…he…masih baru Za :) welcome to new world.

    wku : tenang aja, ini cuma 1 diantara 100 :)

    Elyswelt : kecuali dapurnya luas yah mbak D

    Ocha : jarang ketemu kah ?

  45. says

    Hihi, cerita raja salomo nya itu lho.. huakakakak. Kalo aku sih dengan mama “mertua” malah serasa mama sendiri. sapa yg di dapur dia yg masak. yg g didapur maen ama si kecil. ahh jadi kangen mama kedua ku itu.

    • rosie says

      dr semenjak mulai nikah sampe skrg ak g prnh akur sama mertua.pdhal usia prnikahanku dah 5,5 tahun tp hubunganku ama mertua g prnh baik.mertuaku klo ngomong galak bngt bicaranya keras g spt suamiku yg lembut.sukanya melebihkan dirinya tp paling suka ngomongin orang.walopun kami sama2 org jawa tp beda adat & kbudayaan.mertuaku gayanya sok bngt tp trnyta smuanya pke adat jaman kuno.gara2 ketidakharmonisan ak ama suami malah kami sempat pisah hampir 3 tahun tp skrg dah lumayan baik rumah tanggaku krn ak dah tinggal d rmh sndri.suamiku jg dah mulai ngerti hal yg ak tdk sukai dr mertuaku

  46. Za says

    huehhehe….jadi tambahan bacaan nih…
    Alhamdulillah, baik2 saja hubungan ama ibu mertuaku….malah kmaren sempet dibawain masakan =P~

  47. says

    tambah 1 lagi mbak, kalo ada masalah antara menantu dan mertua jangan sedikit2 ngadu sama suami. hehehehe *pengalaman pribadi adik ipar yg tukang ngadu*

  48. says

    intinya, namanya sama2 perempuan, apalagi rebutan 1 laki2, dimana juga sama. tapi tergantung pribadinya juga si ndah, kalau mau nurutin emosi sih dimana juga nggak akur.
    gue untungnya jauh dirantau, ketemu mertua juga sekian tahun sekali. walaupun sekali ketemu bisa tinggal bareng berbulan2, tapi so far gpp tuh. malah banyakkan curhat ke gue ketimbang sama anaknya……krn anaknya lebih galak drpd bininya…hehehe….

  49. says

    Alhamdulillah selama ini hubungan saya sama ibu mertua baik2 aja, malahan ada yg bilang saya ini emnantu kesayangan lho (hehe, dapet bocoram dari tukang pijitnya maam mertua). Abis saya udah gak punya ortu lagi, dan sekarang tinggal mama mertua yg masih hidup. Jadi emang kita selalu merhatiin beliau, biarpun jauh tinggalnya di Manado, tp komunikasi gak pernah putus…

  50. says

    Ibu mertua saya sekarang malah serumah ama kami. Terbantu juga jadinya.
    Dulu2 saya sempet anti dengan mertua, tapi ternyata saya salah.
    Bermasalah itu biasanya karena masing-masih egonya gede, ngga mo ngalah (trus pada kebanyakan nonton sinetron jg kali :mrgreen: )

  51. says

    Hehehe… Sama, gw juga gak terlalu bermasalah sama mertua Mbak.. Kadang suka kasihan sama temen2 yg ‘bermasalah’ sama mertua, tapi mau kasih solusi juga gak tau lha mertua gw baek banget begitu :D

    Btw, gw juga baru nulis ‘surat’ ke mertua di last posting gw :)

    Have a great weekend, Mbak Indah :)

Terima Kasih Komentarnya

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Protected by WP Anti Spam